Al-Viraal

Dan tiadalah Kami mengutusmu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Qs Al-Anbiya [21]: 107)

Pemudik Padati Shalat Id di Masjid Agung Jawa Tengah


Menristekdikti menjadi khatib di Masjid Agung Jawa Tengah

SEMARANG — Warga asli Kota Semarang dan pemudik dari berbagai wilayah melaksanakan shalat Id di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah, Kota Semarang.

Pantauan Republika.co.id, jamaah mulai memadati shaf di bagian depan. Sebelumnya, jamaah juga memenuhi bagian serambi sejak pukul 06.00 WIB. Shalat Id dimulai pukul 06.45 WIB.

Jamaah laki-laki mengisi bagian dalam masjid. Lalu, jamaah perempuan menempati lantai atas untuk mengikuti shalat Id Idul Fitri 1440 H.

Shalat Id pada kesempatan pagi ini diimami oleh KH Ulil Abshor AH. Ulil merupakan hafidz Juara Internasional serta anggota dewan Juri MTQ Nasional.

Pengisi khutbah atau khatib adalah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Kegiatan shalat Id juga dihadiri oleh Forkompinda Provinsi Jawa Tengah, para rektor perguruan tinggi di Kota Semarang, dan Asisten Sekda Kesra Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Salah satu pemudik asal Jakarta, Ridha Kartika menyebut secara khusus ingin shalat Id di MAJT pada tahun ini. “Biasanya ikut suami bukan di MAJT, tapi karena ingin merasakan suasana khidmat di sini, jadi saya minta shalat di sini tahun ini,” ujar Ridha.

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki kapasitas 6.000 jamaah. Lalu, ditambah 10 ribu jamaah pada bagian serambi. Serambi kanan untuk jamaah laki-laki dan bagian kiri adalah bagian perempuan.

Masjid ini memiliki luasan sekitar 10 hektare dengan tambahan 1,1 hektare. Pada bagian belakang masjid ini, akan dikembangkan tanah seluas 22 hektare yang masih kosong, menjasi usat pendidikan, bisnis, dan pusat kesehatan.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Poll
Voting to make decisions or determine opinions

Send this to a friend