Al-Viraal

Dan tiadalah Kami mengutusmu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Qs Al-Anbiya [21]: 107)

Belum Puas Main di Gadget Kini Apple Punya Kartu Kredit


Apple kini memiliki bisnis kartu kredit.

Perusahaan sukses pastinya akan mencoba banyak hal baru untuk melebarkan sayapnya, seperti yang dilakukan Apple Inc saat ini. Belum merasa puas dengan menghadirkan berbagai macam gadget canggih, perusahaan terbesar di dunia tersebut sudah memiliki kartu kredit. Kabarnya ini diumumkan langsung oleh pihak Apple Inc di Steve Jobs Theatre di kampus Apple Park di Cupertino Amerika Serikat pada akhir Maret lalu.

Kartu kredit yang diberi nama Apple Card ini dirancang bersama dengan Goldman Sachs sebagai mitranya dan menggunakan jaringan Mastercard. Sayangnya Apple Card ini tidak bisa dikonsumsi untuk semua khalayak, melainkan hanya untuk pengguna iPhone dan iPad saja.

 

Ulasan Keunggulan Apple Card

Seperti yang dilansir dari laman Apple, kartu kredit ini akan terhubung menjadi suatu kesatuan yang utuh dengan aplikasi Apple Wallet yang telah dirancang lebih dulu. Dengan Apple Card ini nantinya pengguna akan membuat penggunanya memiliki keuangan yang lebih baik, sebab semua transaksi akan terlihat lebih jelas atau transparan.

Bukan hanya itu saja, ada banyak keunggulan lainnya yang perlu diketahui seperti berikut:

1. Apple Card Khusus iPhone

apple card

Apple Card khusus pengguna iPhone dengan Apple Wallet via apple.com

Para pengguna iPhone yang ingin memiliki Apple Card ini bisa didapatkannya dengan mudah. Sehubung kartu kredit ini akan berhubungan dengan Wallet, maka setiap pengguna iPhone harus mengunduh Apple Wallet terlebih dahulu di App Store.

Setelah itu barulah, bisa mendaftarkan diri langsung di aplikasi dompet tersebut. Cuma membutuhkan waktu sebentar saja, pengguna langsung bisa menggunakan Apple Card di setiap transaksi baik di toko online atau offline.

Bagi pengguna yang mengalami kesulitan atau kendala tak perlu merasa khawatir, karena ada Apple Card Support yang bisa diakses 24 jam setiap harinya dengan mudah, yaitu mengirim sebuah teks dari fitur Pesan saja.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran

2. Kartu Titanium yang Elegan

apple card

Kartu titanium yang elegan via apple.com

Warna khas titanium Apple pada Apple Card ini membuat tampilannya menjadi terlihat lebih elegan. Selain itu, ada keunikan lainnya pada tampilan kartu tersebut, yaitu di kartu hanya terdapat logo Apple, nama pengguna dan chip saja. Sementara nomor kartu, kode keamanan CVV, tanggal masa berlaku kartu hingga tanda tangan tidak dicantumkan.

3. Bunga Rendah dan Bebas Biaya

apple card

Bunga Rendah dan bebas biaya via apple.com

Jika biasanya kebanyakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank ada serangkaian bunga sekian persen atau denda yang ditanggungkan kepada penggunanya, pihak Apple Card tidak memberlakukan hal tersebut.

Apple Card mengusung sebagai kartu pembayaran baru yang menawarkan suku bunga paling rendah. Selain itu, Apple Card juga tidak ada biaya tahunan, biaya keterlambatan dan lainnya, jadi bagi pengguna yang melakukan pembayaran lewat dari batas, maka mereka tidak dikenakan denda pinalti.

Kelebihan lainnya, Apple Card akan membantu setiap penggunanya dengan memberikan kebebasan untuk menjadwalkan pembayarannya dan penghitungan bunga pada jumlah akhir yang harus dibayarkan setiap waktunya.

4. Laporannya Mudah Dipahami Pengguna

apple card

Laporannya mudah dipahami via apple.com

Pastinya setiap penngguna akan bertanya-tanya bagaimana sistem pelaporannya? Ya, pihak Apple Card memastikan semua sistem yang berjalan akan mudah dipahami bagi setiap penggunanya. Khusus pada pelaporannya, sistem kartu kredit ini menggunakan Apple Maps dan machine learning untuk pemberian nama transaksi yang dilengkapi dengan lokasi dan nama toko, sehingga pada daftar laporan menjadi lebih jelas.

Selain itu, setiap transaksi akan terjumlah dan terorganisir dengan otomatis berdasarkan kategori dan warna yang telah ditentukan, seperti makanan, minuman, belanja dan hiburan. Misalnya saja pada kategori makanan dan minuman menggunakan logo garpu dan pisau dengan background warna orange, kategori belanja menggunakan logo tas dengan warna background kuning, kategori hiburan berlogo bintang dengan warna ungu sebagai backgroundnya dan sebagainya.

Laporan penggunaan Apple Card ini akan diberikan secara ringkas ke pengguna setiap mingguan atau bulanan. Pada laporan tersebut juga terdapat diagram harian. Jadi pengguna bisa tahu dalam sehari, Apple Card digunakan untuk transaksi apa saja.

Baca Juga: Aplikasi Berbayar Bisa Menguras Dompet! Yuk Cek 10 Aplikasi Berbayar Terpopuler di Indonesia

5. Pengguna Bisa Menikmati Daily Cash

apple card

Pengguna bisa menikmati Daily Cash via apple.com

Tak seperti promo cash back pada umumnya, Daily Cash ini akan ditambahkan secara langsung setiap harinya. Pengguna Apple Card yang transaksinya menggunakan Apple Pay akan langsung menerima Daily Cash sebesar 2%, sedangkan yang menggunakan kartu mendapat 1% Daily Cash.

Selain itu, bila pengguna melakukan transaksi yang dilakukan langsung di Apple Store, di App Store atau Apple Service maka mereka berhak mendapatkan 3% Daily Cash.

Bukan hanya untuk dinikmati sendiri saja, Daily cash ini juga bisa dikirim ke teman, saudara atau keluarga yang menggunakan Apple Card juga melalui Pesan.  

6. Adanya Tingkat Keamanan dan Privasi yang Bagus

apple card

Adanya tingkat keamanan dan privasi yang bagus via apple.com

Tak perlu diragukan lagi bila Apple mengeluarkan produk, pastinya akan canggih dengan tingkat keamanan dan privasi yang bagus juga. Nomor kartu Apple Card akan disimpan ke sebuah chip Secure Element dengan keamanan khusus Apple Pay. Jadi, setiap pengguna yang ingin bertransaksi akan aman sebab dilengkapi dengan ID wajah atau ID sentuh dan kode keamanan.

Pada Apple Card ini juga memiliki sistem yang berbeda dari lainnya. Jika penerbit kartu kredit pada umumnya mengetahui semua kegiatan transaksi penggunanya, justru pihak Apple tidak akan mengetahuinya mulai dari dimana pengguna berbelanja, pengguna belanja apa, hingga total pembayaran.

Keuangan Menjadi Terkontrol dengan Baik

Mengingat Apple Card ini memberikan transparansi di setiap transaksi yang dilakukan penggunanya, hal ini tentunya membuat mereka bisa mengambil keputusan yang lebih cerdas untuk menggunakan uang mereka. Secara tidak langsung juga bisa membantu mereka untuk menerapkan keuangannya menjadi lebih baik di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Cermat Atur Uang untuk Beli iPhone X

 

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Poll
Voting to make decisions or determine opinions

Send this to a friend